Sabtu, 14 Juni 2014

Tugas Pertama Bahasa Indonesia 2 | Observasi


A.    Hasil Observasi Analisi Sistem Informasi Kepegawaian Pemerintah Kotamadya Jakarta Barat Berbasis WEB.
Dalam analisis sistem informasi kepegawaian pemerintah Kotamadya Jakarta Barat berbasis website yang dibuat oleh Dian Hartanti, S.Kom. Penelitian tersebut terdapat beberapa komponen yang digunakan untuk membantu dalam pembuatan website tersebut. Diantaranya adalah :
1.      Alat bantu perancangan sistem,
2.      Data Flow Diagram (DFD),
3.      Komponen DFD,
4.      Komponen Terminator,
5.      Komponen Data Store,
6.      Komponen Data Flow / Alur Data,
7.      Levelisasi Data Flow Diagram,
8.      Entity Relationship Diagram (ERD), dan
9.      Metode Normalisasi.
Observasi yang dilakukan yaitu dengan mengamati kegiatan yang berlangsung di Instansi secara langsung, yaitu KPTI Kotamadya Jakarta Barat yang menjadi obyek penelitian. Di dalamnya dikembangkan sistem informasi kepegawaian yang diperlukan dalam tahap daur hidup pengembangan sistem (SDLC), yang diantaranya adalah analisis sistem, perancangan sistem, dan implementasi system.
B.     Kesimpulan

Dalam penelitian tersebut mengubah suatu system informasi yang awalnya hanya dilakukan secara manual menjadi komputerisas. Sehingga mempermudah user dalam mendapatkan informasi yang berhubungan dengan kepegawaian pemerintah Kotamadya Jakarta Barat. Dapat diketahui dalam penelitian tersebut digunakan sebuah system database yaitu SQL dan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Dalam pembuatan web tersebut digunakan sembilan komponen untuk membantu terbentuknya sebuah web yang baik. Dengan menggunakan system secara online dapat menghindari terjadinya sebuah antrean, selain itu dalam memperbarui data, admin dapat lebih mudah dalam menginputkan data – data yang harus diubah dengan cara komputerisasi, tidak lagi secara manual.
C.    Saran

Dalam pembuatan tersebut databasenya dapat dikembangkan menggunakan software Oracle agar lebih mempermudah admin dalam memperbarui data – data dari pegawai. Bahasa pemrograman yang digunakan juga dapat dikembangkan dengan menggunakan beberapa bahasa pemrograman seperti ASP atau Javascript. Dalam perancangan website tersebut, design web yang menarik juga sangat dibutuhkan agar user lebih tertarik dalam melihat isi dari website tersebut. Struktur navigasi harus dibuat dengan rapih agar user dapat mengaksesnya dengan lebih mudah. Selain itu dalam pembuatan web pemerintahan, security sangat dibutuhkan dalam menjaga arsip – arsip penting yang terdapt pada pemerintah Kotamadya Jakarta Barat dalam kepegawaian. Dalam perkembangan teknologi sekarang ini sudah terlalu banyak yang menggunakan mobile phone dengan sistem operasi android, mungkin web tersebut dapat dikembangkan menjadi sebuah aplikasi android agar lebih mempermudah user dalam mencari data kepegawaian khususnya Kotamadya Jakarta Barat.

Sumber :
http://www.gunadarma.ac.id/library/articles/postgraduate/information-system/Sistem%20Informasi%20Bisnis/Artikel_92206010.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar